Jumat, 01 Juni 2018

COUNTRY GOSPEL SONG 2018 - Christian Country Gospel Songs - Inspirationa...

Best Christian Worship Songs 2018 - Favourite Praise and Worship Songs 2018

PENGAKUAN MENGHARUKAN BAPAK JUSUF KALLA ATAS KINERJA JOKO WIDODO

*Akhirnya Tabir Kebenaran Terbuka .....*

*Teman teman bacaLah pengakuan seorang JUSUF KALLA*  sebagai berikut:

 ๐Ÿ‡ฎ๐Ÿ‡ฉ ♥ Saksi sejarah INDONESIA ♥ ๐Ÿ‡ฎ๐Ÿ‡ฉ



๐ŸŒธ๐ŸŒธ๐ŸŒธ๐ŸŒธ๐ŸŒธ๐ŸŒธ๐ŸŒธ๐ŸŒธ๐ŸŒธ๐ŸŒธ๐ŸŒธ๐ŸŒธ๐ŸŒธ๐ŸŒธ
๐Ÿ‡ฎ๐Ÿ‡ฉ *ARTIKEL SANGAT BERHARGA*  ๐Ÿ‡ฎ๐Ÿ‡ฉ

Pengakuan jujur JUSUF KALLA terhadap keberhasilan JOKO WIDODO dalam mengelolah negara, sehingga ๐Ÿ‡ฎ๐Ÿ‡ฉ INDONESIA ๐Ÿ‡ฎ๐Ÿ‡ฉ perlahan lolos dari beban utang peninggalan era Soeharto dan masa SBY, yang telah membuat  ๐Ÿ‡ฎ๐Ÿ‡ฉ INDONESIA ๐Ÿ‡ฎ๐Ÿ‡ฉ harus menanggung utang hingga Rp. 6000 triliun dengan dalih 'subsidi,' yang hanya memperkaya dirinya sendiri dan konco-konconya; silahkan membaca tulisan berikut sampai selesai, agar kita paham mengapa kini ๐Ÿ‡ฎ๐Ÿ‡ฉ INDONESIA ๐Ÿ‡ฎ๐Ÿ‡ฉ perlahan menjadi negara hebat di Asia dalam kurun waktu yang tidak terlalu di lama di era JOKO WIDODO.

_"PERJUANGAN MORAL JOKOWI bagi ๐Ÿ‡ฎ๐Ÿ‡ฉ INDONESIA ๐Ÿ‡ฎ๐Ÿ‡ฉ.

Wakil Presiden Republik Indonesia, JUSUF KALLA (JK) dalam sambutannya di acara "Simposium Ekonomi" di MPR RI, Senayan, mengatakan bahwa ada 2 kebijakan keliru yang dilakukan pemerintah era Soeharto dan SBY, sehingga menghabiskan anggaran Rp. 6000 triliun.

Kebijakan itu menjadi salah satu penyebab ketertinggalan Indonesia dari negara-negara tetangga.

Satu kebijakan era Soeharto dan satu lagi era SBY.

Selama 32 tahun Soeharto berkuasa, tidak ada riak yang berarti untuk menghentikannya.

Saat Soeharto jatuh, tatkala fundamental ekonomi yang disimpan rapat bertahun-tahun terbuka lebar oleh aksi George Soros terkuak.

Nyatanya berpuluh tahun kita menyimpan data busuk dan kebohongan.

Tidak ada kekuatan ekonomi secara nyata.

Tidak ada.

Soeharto tidak punya rencana hebat untuk membuat ๐Ÿ‡ฎ๐Ÿ‡ฉ INDONESIA ๐Ÿ‡ฎ๐Ÿ‡ฉ hebat dalam sektor ekonomi, kecuali hanya menggali lubang sedalam-dalamnya melalui hutang tanpa rencana ril untuk merubah ๐Ÿ‡ฎ๐Ÿ‡ฉ INDONESIA ๐Ÿ‡ฎ๐Ÿ‡ฉ menjadi lebih baik.

Dari jumlah hutang yang digali Soeharto hanya 30% yang digunakan untuk membangun ๐Ÿ‡ฎ๐Ÿ‡ฉ INDONESIA ๐Ÿ‡ฎ๐Ÿ‡ฉ.

Selebihnya habis dikorup oleh mereka yang menopangnya menjadi penguasa selama 32 tahun.

Akibat kebijakan yang diambilnya sebelum jatuh adalah menanda tangani LoI dengan IMF sebagai blank cheque yang harus diselesaikan oleh rezim setelahnya.

Beban masalah yang ditinggalkan Soeharto kalau dikurskan sekarang dan ditambah dengan bunga obligasi rekap mencapai Rp. 3000 triliun.

Era Habibie, Gus Dur, dan Megawati merupakan era tersulit bagi kita untuk berdamai dengan kenyataan.

๐Ÿ‡ฎ๐Ÿ‡ฉ INDONESIA ๐Ÿ‡ฎ๐Ÿ‡ฉ nyatakan sebagai negara insolvent.

Semua financial resource tertutup.

Pemasukan lebih kecil dari pada pengeluaran.

Kehidupan politik tidak jelas.

Enam tahun proses transisi dari legislasi era Soeharto ke era reformasi seakan waktu terpanjang dalam sejarah.

Selama itu tidak ada pembangunan real.

Negara stuck.

Namun, akhirnya ๐Ÿ‡ฎ๐Ÿ‡ฉ INDONESIA ๐Ÿ‡ฎ๐Ÿ‡ฉ bisa keluar dari proses transisi itu dengan terpilihnya SBY sebagai presiden secara demokrasi langsung.

Harapan dipagut dan masa depan disongsong dengan ceria.

Tapi apa yang terjadi?

Selama 10 tahun SBY berkuasa, untuk mempertahankan kekuasaannya dia membakar uang sebesar Rp. 3000 triliun untuk subsidi.

Periode 2004 hingga 2014, subsidi energi rata-rata memiliki porsi sebesar 21% dari APBN dan mengalami porsi terbesar pada tahun 2008 yang mencapai 28%.

Di dalam subsidi energi, alokasi subsidi BBM adalah yang terbesar dengan mencaplok 80% dari seluruh subsidi energi.

Dan menciptakan mega skandal dengan korupsi tak terbilang jumlahnya.

Andaikan uang sebanyak itu SBY gunakan untuk membangun jalan tol, maka kita sudah punya jalan tol Trans Sumatera dan Trans Jawa, juga kereta cepat Jakarta-Surabaya dan puluhan kawasan industri berskala internasional, puluhan bendung dan irigasi untuk ketahanan pangan, bahkan setiap kota besar sudah punya MRT.

SBY hanya bekerja membuat rencana dan membuang uang untuk ongkos politik, agar kekuasaanya stabil selama dua periode.

Era Soeharto kita abaikan, karena salah memilih pemimpin dan takdir kita berhasil mengubah tatanan politik yang diktator menjadi demokrasi.

Tetapi setelah demokrasi, kita justru melahirkan gerombolan maling yang menjarah lebih dahsyat dari 32 tahun Soeharto berkuasa.

Selama itu tidak ada gerakan agama yang hebat yang hendak menggulingkan Soeharto atau SBY.

Tidak ada demo berjilid-jilid hendak menjatuhkannya.

Mengapa?

Karena para tokoh agama maupun politik mendapat berkah uang dan konsesi bisnis dari politik lendir tebar uang oleh penguasa.

Era JOKOWI, seorang yang bukan elite politik di tubuh partai, bukan jenderal berkaliber nasional, bukan konglomerat kaya dari bisnis rente, bukan pula tokoh budayawan atau agama yang selebritis.

Dia muncul ke panggung politik karena kehendak TUHAN.

Tak ada satu pun kekuatan yang mampu menghentikannya, karena TUHAN telah mengirim wakil wakil NYA mengawal JOKOWI sehingga si tukang kayu krempeng itu masuk ke Istana Negara dengan selamat tanpa rintangan apapun juga.

Inilah takdir dan nasib Bangsa Indonesia yang memang harus berubah dan menjadi baik dan kuat atas kehendak TUHAN serta Kuasa-NYA.

Ketika Jokowi berkuasa, *subsidi tipuan seolah  memanjakan rakyat dihentikan*

Anggaran direformasi secara fundamental dari berorientasi konsumsi ke produksi.

Efisiensi anggaran dilakukan dengan sangat ketat.

Walau pun diawali dengan fundamental ekonomi yang retak karena current account defisit, JOKOWI tetap melaju dengan agenda besarnya.

Menciptakan kemandirian, bukan hanya lewat restruktur APBN dan hutang, tetapi juga revolusi mental dengan menghapus semua bisnis rente yang melahirkan mafia di semua lini.

Negeri para gangster tersingkir dan menghimpun rakyat dan kader partai positip serta pejabat pejabat bermoral yang mau bekerja keras sehingga dapat mengubah negeri ini jadi para pekerja keras.

* Status quo didobraknya, menghentakan tatanan politik yang terbiasa hidup manja berfoya foya dan menipu rakyat*

Apa hasilnya?

Hanya dua tahun berkuasa, semua rating internasional berkaitan dengan indeks korupsi, pembangunan, dan ekonomi jadi membaik.

Sekarang ๐Ÿ‡ฎ๐Ÿ‡ฉ INDONESIA ๐Ÿ‡ฎ๐Ÿ‡ฉ termasuk negara peringkat 3 terbaik ekonomi di antara anggota G-20.

Saya membayangkan setiap langkah JOKOWI tidaklah mudah dan penuh resiko.

Karena semua elite politik yang kini ada adalah bagian dari kekuasaan Orde Baru yang pernah kong kali kong dan merampok kekayaan Negara hingga  INDONESIA ๐Ÿ‡ฎ๐Ÿ‡ฉ dan rakyatnya menjadi sengsara dan meninggalkan beban hutang dan kerugian  sebesar Rp. 3000 triliun dan juga bagian dari kekuasaan era SBY yang membakar uang negara sebesar Rp. 3000 triliun demi melanggengkan kekuasanya.

Semua mereka ingin, agar si tukang kayu ini dihentikan.

Karena JOKOWI bukan hanya menghancurkan kekuasaan mereka sebagai ladang bisnis mendatangkan harta mereka, tetapi juga menjadikan rakyat cerdas berpolitik dan mempermalukan elite politik di mana banyaknya elite politik terancam masuk bui karena aksi OTT KPK.

Pesta usai.

Dulu, AHOK  dijadikan pintu gerbang untuk menjatuhkan JOKOWI dengan alasan menistakan agama.

Dan dari keadaan ini, JOKOWI berhasil keluar dengan selamat.

Kini, PERPPU Pembubaran Ormas Radikal dijadikan alasan untuk menjatuhkannya, karena dibilang anti demokrasi dan anti Islam.

Padahal, tidak ada dalam PERPPU itu yang menyebut Islam atau ormas tertentu.

Namun, oleh para gangster mafia menciptakan semua kegaduhan ini, agar pesta kekuasaan kembali marak.

Karena itu, emosi agama kembali dibenturkan.

Andaikan PERPPU itu ditolak DPR, maka ketahuilah kita bahwa agenda menjatuhkan JOKOWI memang datang dari segala penjuru mata angin.

Apakah JOKOWI akan jatuh?

*Jawabannya TIDAK* karena Jokowi adalah panggilan TUHAN untuk menyelamatkan INDONESIA ๐Ÿ‡ฎ๐Ÿ‡ฉ .

Bangsa dan rakyatnya dari segala kesusahan dan kesulitan dan TUHAN telah mengirim wakil Rakyatnya yaitu Bapak JOKO WIDODO yang berhak dan pantas berkuasa sebagai pemimpin dan penyelamat bangsa dan rakyat INDONESIA ๐Ÿ‡ฎ๐Ÿ‡ฉ.

Saya JUSUF KALLA sudah tua, namun dengan segenap tenaga saya yang masih ada saya tetap memberikan kontribusi positip pada JOKO WIDODO dalam membangun Negara INDONESIA  ๐Ÿ‡ฎ๐Ÿ‡ฉ jadi bangsa besar kuat bermatabat rakyat jadi makmur dan sejahtera.

Memang pada saat usia saya yang sudah lebih dari 50 tahun.

Saya tak berdaya, dan tidak bisa berbuat banyak untuk menghentikan sepak terjang pada era Soeharto dan penikmat subsidi BBM era SBY, yang membakar uang ribuan triliun.

*Apa yang saya lakukan sekarang adalah berusaha setiap hari berbuat kebaikan, agar negara ini lebih baik.

Melalui tulisan, lewat interaksi dengan teman-teman politisi dan aktivis, saya berusaha menyampaikan pesan moral bahwa "bukan sistem yang menjadi masalah, tetapi akhlak kita yang buruk."*

Marilah kita memperbaiki moral.

Sudahilah niat mengubah sistem, agar impian makmur menjadi kenyataan.

Perbaiki akhlak dan perbaiki etos kerja, maka rahmat TUHAN akan datang by the time.

Saya JUSUF KALLA dengan hati tulus ingin menyerukan kepada segenap generasi muda berkualitas dan menyintai tanah Pertiwi ini ,

Serra rakyat Indonesia, Marilah kita bersama-sama menjadikan KEKUATAN MORAL untuk menghadang serta melawan semua niat jahat mereka yang ingin merusak negeri ini dengan alasan agama, budaya, suku, ras, antara golongan, atau apalah.

Kita membela JOKOWI bukan bertujuan politik, tetapi demi kekuatan moral sebagai orang Indonesia yang turut membangun dan ingin menjadi bangsa besar bermatabat diatas bumi .

Jadilah gerakan moral untuk mendukung JOKOWI orang baik yang fitur penyelamat bangsa dan rakyat, agar semakin berprestasi baik bagi pembangunan negeri kita tercinta INDONESIA ๐Ÿ‡ฎ๐Ÿ‡ฉ .

_SEMOGA BERMANFAAT dan MENAMBAH ILMU serta MENAMBAH WAWASAN KITA SEMUA._

Silahkan bantu viralkan tulisan ini ke seluruh anak negeri INDONESIA ๐Ÿ‡ฎ๐Ÿ‡ฉ di mana pun mereka berada, agar putra bangsa kita lebih cerdas dalam berpikir dan menganalisa sesuai data.

JUSUF KALLA.

Kamis, 24 Mei 2018

Tips Untuk Menghapus Cahce/sampa WA/whatsapp dari HP agar HP tidak lemot saat dinyalakan.

Semangat buat semua...

Siapa yang tidak kenal dengan aplikasih yang satu ini.

Kali ini saya akan mencoba membagikan tips bagaimana cara agar Hp anda tidak lemot alias ngeheng... Bahasa gaulnya... ๐Ÿ˜ƒ๐Ÿ˜ƒ๐Ÿ˜ƒ
Dengan banyaknnya grup dan chat yang kita lakukan terkadang membuat Hp kesayangan kita lambat untuk merespon
Yang bikin kesalnya saat dimana kita ingin cepat² tetapi
WhatsApp-nya no respon alias lemot.

Nah berikut ini Tips untuk menghapus Chat, foto, video dari grup atau chat pribadi secara keseluruhan...

Tetapi perlu di perhatikan !
Semua file/chat yg dihapus tidak dapat dibuka lagi kalau sudah dihapus.

1. Buka aplikasi WA pili titik 3 dipojok kanan atas, lalu pilih setelan.


2. Kemudian pilih piligan no 4 " penggunaan data dan penyimpanan

3. Tampilannya akan seperti ini, lalu pili " penggunaan penyimpanan "

4.pastinya tampilan berubah seperti ini, anda akan diperlihatkan berapa banya MB yang terpakai untuk setiap chat yg kita lakukan. Selanjutnya silakan pilih Chat yang mana yang ingin dihapus, mau 1 aja, monggooo... Mau semua juga boleh...

5. Terlihat gambar seperti ini, silahkan tekan " kelola pesan " dipojok kanan bawah.
Nanti ada petunjuk untuk membersihkan.
Lalu pilih salasatunya. Selesai. Hp anda berkurang bebannya.

Atau bisa lihat juga...

Sekian dan selamat mencoba, semoga bermanfaat dan membantu. GBU all ๐Ÿ˜‡
Silakan kunjungi web. Saya
https://meriesyulniustuba.blogspot.co.id/?m=1

Rabu, 23 Mei 2018

Cara Dasar membuat aplikasi dari SKETCHWARE

CARA MEMBUAT APLIKASI WEB BROWSER DARI SKETCHWARE

Pernahkah kamu mengunakan aplikasi web browser seperti chrome, firefox, uc browser, opera mini dan lainya, Aplikasi browser memang sangat berguna bagi kita dengan adanya aplikasi tersebut kita dapat dengan mudah menjelajahi internet, mendownload dan mengupload, bahkan kita dapat menghemat data internet jika aplikasi web browser tersebut menyediakan fitur hemat data.
Namun kamu pernah berfikir tidak bagaimana caranya membuat sebuah aplikasi web browser tersebut. Apakah, caranya sulit ataukah membutuhkan banyak biyaya sehingga hanya beberapa persen saja yang bisa membuatnya. Tapi dijaman yang serba cangih ini tidak ada kata tidak, membuat sebuah aplikasi web browser bukan impian lagi kamu hanya membutuhkan sebuah android mau china atau merek mana aja yang penting android.
Berikut saya akan membahas cara membuat Aplikasi web browser mengunakan skcware. Kamu tidak perlu skill coding yang mempuni hanya butuh niat dan pemahaman yang tepat. Simak langkah langkahnya dengan cermat supaya gak error
  • ALAT DAN BAHAN
  • 1. Aplikasi Sketchware. Jika belum punya silahkan Klik untuk mendownload
    2. Hanya itu aja alat dan bahanya.
    LANGKAH-LANGKAH MEMBUAT VIEW
    1. Instal Aplikasi Sketchware yang sudah kamu download tadi
    2. Setelah terinstal buka aplikasi Sketchware
    3. Jika sudah masuk langsung klik New project
    4. Buat nama aplikasi web browser kamu, geser ke bawah klik Advenced Settings ganti alamat package dan nama project sesuai selara mu
    5. Setelah itu klik save
    6. Ini saatnya Membuat, untuk permulaan buat sebuah emm apa ya aku engak tau namanya kita sebut saja input untuk memasukan link web yang akan kita kunjunggi

    MEMBUAT INPUT
    Pertama :
    Ambil Liner (V) Kemudian klik Edit Propertie. Klik layout_width lalu pilih match_parent, ubah padding menjadi "0" semua, ubah warna background sesukamu.
    Ambil Liner (H) lau letakan di atas. Klik Edit Propertie. Klik layout_height Lalu edit menjadi35dp, ubah padding menjadih "3" semua, ubah warna background sesukamu.
    Ambil TextView Letakan didalam Liner (H)tadi. Klik Edit Propertie . Klik layout_widthpilih match_perent, Klik layout_height pilihwrap_content, ubah padding menjadi "1" semua, ubah background menjadi putih, ubahtext menjadi "Masukan URL" atau terserah, ubah text_size ke 12sp, klik input_type pilih text.
    Ambil Button Letakan di sebelah kanan TextView tadi. Klik Edit propertie. Kliklayout_width edit menjadi 35dp, kliklayout_height edit menjadi 30dp, ubah padding menjadi "1" semua, ubah textmenjadi GO atau terserah, ubah text_size menjadi 12sp, ubah background sesukamu.
    Seperti dibawah ini

    Tampilan Input sudah kita buat, lanjut ke langkah selanjutnya
    7. Selanjutnya buat webview untuk menampilkan web/blog yang ingin kamu kunjunggi. Ambil WebView letakan di bawahliner (H). Klik Edit Propertie, Klik layout_widthpilih match_parent, Klik layout_height pilihmatch_parent, ubah padding menjadi "0" semua.
    Seperti dibawah ini
    View atau tampilan sudah kita buat selanjutnya kita buat logic
  • LANGKAH-LANGKAH MEMBUAT LOGIC
  • 1. Klik OnCreate Lihat pojok kanan bawah lalu klik , pilih tulisan view lalu klik, cari blocksetText dan juga WebView ... loadUrl... tekan tahan dan geser ke bawah on activity create, Untuk setText klik bagian kiri pilih edittext1, edit bagian kanan dengan url http://google.com atau terserah, untuk WebView ... loadUrl ... klik bagian kanan WebView lalu pilih webview1, yang bagian kanan loadUrl cari block...getText di view (langkah seperti mencari setText dan WebView), jika block sudah kamu temukan lalu masukan ke kolom sebelah kananloadUrl...
    Seperti Dibawah ini
    onCreate sudah kita buat selanjutnya tombol input.
    Kembali ke logic.
    2. Klik Button Lihat pojok kanan bawah lalu klik, tekan tulisan control, cari block if...then-| else , tempatkan dibawah When input clicked, masuk lagi ke pilihan block klik tulisan operator cara block dengan tulisan ">" lalu tempatkan di dalam wajik if... then, masuk lagi ke pilihan block, klik Operator cari block index...of...tempatkan di bagian kiri > dan bagian kanan> isi dengan -1, bagian kanan index [disini] isi dengan http:// dan kanan of [disini] isi dengan blog ...getText dan bagian kiri nyagetText pilih edittext1 dan dibawah if...thenisi dengan WebView [webview1] loadUrl [[edittext1]getText]
    Seperti dibawah ini
    3. Tekan tombol RUN dan tunggu loading selesai dan instal lalu coba
    4. Setelah sukses dicoba kembali ke sketchware lalu klik kiri pojok atas dan simpan biar data engak hilang
    "Ini hanya pengetahuan dasar"
      Untuk membuatnya menjadi full screen. Pertama klik kanan pojok atas lalu pilih view maneger terus klik main.xml. dan ataur sesukamu..
    Baca juga : Cara membuat loading di aplikasi Browser 

    Selasa, 22 Mei 2018

    Teologi Agama-agama

    Shalom Bapak Ibu,
    Pada kesempatan kali ini saya mencoba membagikan sidikit artikel untuk menambah wawasan kita.

    4.2.3. Apakah Parlemen Agama-Agama itu?
    Kata Parlemen selalu mengandaikan wahana demokrasi, yang  pada gilirannya merupakan sebuah produk dari perkembangan sosial dan politis dari modernitas. Tentu para pemimpin  atau panitia pelaksana Parlemen tidak begitu saja mengindentikkan Parlemen Agama-agama dengan demokrasi , namun ia menyiratkan adanya prinsip-prinsip demokratis yang mendasar. Jadi, nyatalah bahwa hendak selalu dijaga dua karakteristik Parlemen ini, yaitu sebagai  encounter  dan movement. Jadi, jelaslah keberhasilan Parlemen tidak ditentukan dari institusi yang lahir darinya, namun dari gerakan-gerakan yang dijiwai oleh pertemuan global ini serta dari semangat  kesetaraan yang mau tidak mau mengingatkan kita pada semangat demokrasi itu sendiri.

    4.2.4. Ketika Perbedaan Bertemu dalam Satu Ruang
    Parlemen Agama-agama Dunia ini tak disangkal menjadi  tonggak sejarah  yang penting bagi masa depan kehidupan agama-agama dunia. Persaudaraan sejagad mulai menjadi tema sentral dalam banyak percakapan di Parlemen. Namun tak dapat disangkal pula terjadi banyak perbedaan dalam cara melihat kenyataan keberagaman tersebut, yang cukup jelas terlihat bahkan di antara para pelopor itu sendiri.

    4.2.5. Dominasi  Kekristenan  Amerika?
    Mengenai Parlemen 1893 ini, Dr. Alfred  W. Momerie, seorang professor dari King’s College London, menyatakan, “parlemen ini merupakan peristiwa terbesar sepanjang sejarah  dunia dan itu telah diselenggarakan di ladang Amerika”. Pendapat Momerie ini menyiratkan kemungkinan untuk menelaah Parlemen 1893 ini baik dari sudut pandang sejarah gerakan antar-iman global, maupun sejarah kehidupan agama di Amerika sendiri. Sebagai produk “kebudayaan” Amerika saat itu, Parlemen bisa dikatakan sebagai tanda kebangkitan bangsa Amerika dalam percaturan dunia. Kekhawatiran akan adanya dominasi kekristenan Amerika dalam Parlemen ini cukup beralasan . Superioritas Amerika atas bangsa-bangsa lain ini kemudian dikaitkan dengan superioritas kekristenan (Protestanisme). Amerika telah menjadi sentral agama-agama dan bangsa-bangsa.
    4.2.6. Beberapa Penilaian
    Parlemen 1893 ini meninggalkan warisan penting bagi perkembangan gerakan antar-iman, yaitu : Parlemen memberi dorongan besar bagi bidang akademis, yaitu studi komparatif dan historis agama-agama, untuk berkembang. Kemudian muncul semangat baru di kalangan pemimpin agama untuk berdialog dengan pemimpin agama-agama lain. Parlemen ini memberi dasar khususnya bagi terbentuknya gerakan oikumenis di kalangan Protestan, bahkan menjadi tempat percampuran rangkap tiga, triple melting pot, bagi tiga tradisi utama : Yudaisme, Kekristenan, dan Katolikisme.

    4.3. Situasi Historis Pelaksanaan Parlemen 1993
    Setelah 100 tahun berlalu, Parlemen Agama-agama Dunia kembali digelar. Parlemen kedua ini dilangsungkan sebagai sebuah respons atas situasi global yang terjadi dalam beberapa dekade terakhir sekaligus menjadi sebuah proyek agama-agama sedunia untuk membentuk sebuah tata dunia baru (a new global order) yang lebih manusiawi.

    4.3.1. Bangkitnya Dunia Postmodern
    Dua puluh satu tahun setelah Parlemen pertama dan hanya empat tahun setelah konferensi Misi Dunia (World Missionary Conference) Edinburgh, pecahlah Perang Dunia I, yang berlangsung sekitar empat tahun (1914-1918). Negara-negara Kristen adikuasa saat itu (Jerman dan Inggris Raya) diguncang luar biasa. Dari beberapa peristiwa besar dunia kita melihat adanya sebuah pergeseran global dari apa yang biasa disebut dunia modern menuju sebuah dunia yang postmodern. Dalam Parlemen 1993, keberagaman religius dipandang sebagai sebuah kenyataan yang tak bisa dipungkiri. Kekristenan tidak lagi diklaim sebagai agama tertinggi dan terbaik. Agama-agama lain dihargai sebagaimana adanya mereka. Hal ini menjadi jelas ketika kita melihat banyaknya tusan dari agama-agama lain, bahkan dari tradisi-tradisi religius yang kecil.
    4.3.2. Chicago sebagai Model
    Yang menarik, Chicago yang berwajah plural dan yang telah dua kali menjadi kota penyelenggara Parlemen Agama-agama Dunia itu justru menjadi satu-satunya kota metropolitan di Amerika Serikat yang tidak memiliki satu organisasi antar-iman sendiri. Namun Chicago dapat dipandang sebagai mikrokosmos yang menggambarkan seluruh wajah makrokosmos kehidupan plural dunia.

    4.4. Parlemen Agama-agama Dunia 1993
    Pembicaraan mengenai Parlemen Agama-agama Dunia 1993 menjadi begitu penting artinya jika diletakkan dalam kedua konteks, yaitu konteks sejarah dialog agama-agama dan konteks sejarah dunia. Parlemen 1993 di satu sisi menjadi semacam tonggak puncak perkembangan dialog agama-agama di dunia sekaligus menjadi sebuah respons atas perkembangan global yang semakin mencuat ini.

    4.4.1. Ammerdown, April 1988, Sebuah Titik awal
    Ammerdown, Inggris, perlu dicatat sebagai kota pertama kalinya tecetus secara serius dan sistematis keinginan untuk mengadakan sebuah pertemuan internasional dalam rangka memperingati 100 tahun Parlemen Agama-agama Dunia di Chicago, 1893. Pertemuan kedua di Ammerdown ini amat diwarnai dengan sebuah kesadaran betapa penting agama-agama hadir di tengah kenyataan global yang semakin menguat ini. Satu hasil konkret pertemuan Ammerdown ini adalah seruan untuk menyelenggarakan sebuah “peringatan yang mendunia atas seratus tahun Parlemen  Agama-agama Dunia”. Tujuan utama peringatan 100 tahun Parlemen tersebut adalah “mengamati dan menjawab isu-isu dunia yang eksistensial yang mengundang sebuah tanggapan aksi dari agama-agama dunia, organisasi sekular dan kekuatan-kekuatan politik”.

    4.4.2. Hans Kung dan Proses Perumusan Deklarasi
    Pada saat yang sama, di Universitas Tubingen, Jerman, Prof. Hans Kung memulai sebuah proyek yang kemudian pada tahun 1990 dikenal sebagai Projekt Weltethos. Pada tanggal 27 pebruari 1992, Dr. Daniel Gomez-Ibanes, Direktur Eksekutif CPWR, bertemu dengan Hans Kung dan mendapatkan kesempatan bahwa Kung akan membuat kertas kerja dasar yang akan dipakai dalam Parlemen dalam rangka perumusan A Global Ethic.

    4.4.3. Pembentukan Council for a Parliament of the World’s Religions (CPWR)
    Salah satu bentuk persiapan teknis yang paling penting adalah pembentukan Council for a Parliament of the World’s Religions (CPWR) pada musim semi tahun 1988.

    4.4.4. Keterlibatan Co-Sponsor yang Majemuk
    Persiapan Parlemen tersebut ternyata melibatkan cukup banyak orang dan kelompok. Tercatat adanya 198 kelompok yang menjadi co-sponsor dan diterima keberadaannya pada pembukaan Parlemen. Lima kelompok dari jumlah itu menarik diri selama Parlemen berlangsung. Dari jumlah yang ada, mayoritas (180 kelompok) berasal dari Amerika Serikat, sisanya dari Afrika, Asia dan Eropa.
    4.4.5. Peran Komite Pelaksana
    Komite Pelaksana (Host Committes) yang terbentuk pun mencerminkan kepelbagaian tradisi. Tercatat adanya 14 tradisi yang ikut serta dalam komite ini. Tugas dan pekerjaan Komite Pelaksana ini jelas memiliki dampak mendalam atas pelaksanaan Parlemen.
    4.4.6. Para Peserta Parlemen
    Parlemen 1993 ini dihadiri sekitar 8.700 peserta, yang terbagi menjadi 9 kategori. Enam persen dari seluruh peserta terdaftar pada dua atau lebih kategori. 57% peserta terdaftar dari Amerika Serikat; semua negara bagian, kecuali Alaska, terwakili. Kemudian terdapat sekitar 2% peserta Kanada. Lainnya berasal dari 55 negara di dunia. Semua agama-agama besar dan sebagian besar tradisi spiritual lainnya mengirimkan utusannya. Jumlah peserta terbesar dating dari Kristen, disusul Hindu, Buddha,Baha’i dan akhirnya Islam. Dari komposisi dan gambaran peserta ini kita bisa melihat dengan jelas mencakup lebih banyak peserta dan denominasi ketimbang Parlemen 1893. Di sisi lain data ini menunjukkan kenyataan adanya kepelbagaian yang amat bervariasi dalam kehidupan agama-agama di dunia.

    4.4.7. Program Parlemen
    Parlemen 1993 yang diadakan dari tanggal 28 Agustus sampai 4 September 1993 ini mengambil tempat di Palmer House Hilton Hotel. Program dimulai setiap pagi pada pukul 7 dengan meditasi khusus yang dirancang oleh anggota tradisi iman yang beragam. Kemudian program harian diakhiri setiap malam selambat-lambatnya pukul 11 dengan pertemuan yang meringkas pleno tematis setiap harinya serta pertunjukkan kreatif dari pelbagai tradisi iman. Selama seminggu, beberapa pleno tematis disampaikan, selain juga lebih dari 500 presentasi, kuliah dan lokakarya lainnya. Kita melihat bahwa Parlemen ini sungguh ingin menyajikan secara seimbang acara-acara yang bersifat akademis maupun religius, ilmiah maupun spiritual. Pleno Penutup kemudian disampaikan oleh Dalai Lama, yang kemudian dilanjutkan dengan sambutan Presiden Parlemen, catatan-catan penutup, sambutan-sambutan lain serta pertunjukan tari multicultural dan konser oleh Walter Whitman.

    4.4.8. Presentasi Utama dalam Parlemen
    Pada hari pertama, Dr. Gerald O. Barney mengejutkan para peserta dengan sebuah ceramah yang menarik tentang keadaan sosial, ekonomis dan ekologis dunia kontemporer. Barney menyimpulkan bahwa apa yang kini kita butuhkan adalah sebuah “pemikiran yang saling bergantung dalam jejaring kerja” (interdependent, networked thought). Mengabaikan agama-agama dalam sebuah analisis atas persoalan-persoalan sosial, ekonomis dan ekologis, demikian Barney, jelas merupakan sebuah kekeliruan besar. Ceramah lain yang menonjol dibawakan oleh Dr. Robert Muller, dosen University for Peace, Costa Rica. Muller mengimbau pula adanya dialog antara politik dan agama, antara ilmu pengetahuan dan spiritualitas. Ia menandaskan perlunya sebuah kelahiran spiritual ketika dunia memasuki millenium ketiga. Ceramah Dalai Lama, di lapangan terbuka di Grant Park, Chicago, agaknya menjadi presentasi yang paling mengagumkan. Pemenang Hadiah Nobel Perdamaian ini sebenarnya menyampaikan hal yang sama dengan ceramahnya yang sudah-sudah. Namun demikian kesan paling kuat yang didapatkan para pendengar justru adalah kepribadian Dalai Lama yang menurut Kuschel, mencerminkan otensitas dan kemanusiaannya.

    4.4.9. Tema-Tema Utama Parlemen
    Sedikitnya ada tiga tema utama yang bergaung di sepanjang pelaksanaan Parlemen yang dihadiri oleh sekitar 8.700 peserta itu. Tema pertama adalah pertanyaan mengenai identitas keagamaan. Tema kedua yang penting artinya adalah munculnya dialog antar-iman dan antar-tradisi yang amat kaya. Tema ketiga, yang justru dirasa menjadi dimensi paling menentukan bagi pelaksanaan Parlemen ini adalah perjumpaan agama-agama dunia dengan isu-isu kritis yang menantang komunitas manusia di ambang millennium ketiga ini. Itulah sebabnya pada tahun 1990, CPWR menjalin hubungan dengan the Institute for the 21th Century Studies, yang kemudian bernama the Millenium Institute, pimpinan Gerald O. Barney, untuk mengupayakan agar dimensi ini terus dikedepankan.

    Terimakasih semoga bermanfaat.
    TUHAN YESUS KRISTUS MEMBERKATI

    Minggu, 20 Mei 2018

    Hari Pentakosta

    Apakah itu hari Pentakosta?wikipedia.com

    Pentakosta

    MARI BELAJAR


    silakan simak video berikut 


    Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
    (Dialihkan dari Hari Pentakosta)
    Untuk hari raya Yahudi, lihat Hari Raya Pentakosta.
    Tahun Liturgi
    Gereja Ritus Barat
    Gereja Ritus Timur
    Pentakosta (dari bahasa Yunaniฮ ฮตฮฝฯ„ฮทฮบฮฟฯƒฯ„ฮฎ [แผกฮผฮญฯฮฑ]Pentฤ“kostฤ“ [hฤ“mera], "[hari] kelima-puluh"), atau Minggu Putih adalah hari raya Kristiani yang memperingati peristiwa dicurahkannya Roh Kudus kepada para rasul di Yerusalem, yang terjadi 50 hari setelah kebangkitan Yesus Kristus. Pada hari Pentakosta, Roh Kudus dicurahkan sesuai dengan yang dijanjikan Yesus sesudah kenaikannya kesurga. Menurut Alkitab, murid-murid Yesus berhasil mempertobatkan tiga ribu jiwa pada hari tersebut dan hal inilah yang disebut dengan lahirnya gereja mula-mula (Sumber: kitab Kisah Para Rasul pasal ke-2). Sebelumnya Pentakosta adalah hari raya besar orang Yahudiyang kemudian diadopsi oleh Gereja Barat dan Gereja Timur[1]

    Tradisi Yahudi[sunting | sunting sumber]

    Pada hari ini, orang-orang Yahudi datang dari segala penjuru dunia ke Yerusalem untuk merayakan Shavuot atau festival panen raya.

    Janji Pengutusan Roh Kudus[sunting | sunting sumber]

    Pada malam terakhir sebelum Yesus Kristus ditangkap dan kemudian disalibkan, Ia memberitahukan kepada murid-murid-Nya tentang kedatangan Roh Kudus sebagai suatu janji penyertaan.
    (Yesus berkata:) "Aku akan minta kepada Bapa, dan Ia akan memberikan kepadamu seorang Penolong yang lain, supaya Ia menyertai kamu selama-lamanya, yaitu Roh Kebenaran. Dunia tidak dapat menerima Dia, sebab dunia tidak melihat Dia dan tidak mengenal Dia. Tetapi kamu mengenal Dia, sebab Ia menyertai kamu dan akan diam di dalam kamu."[2]
    Tujuannya:
    (Yesus berkata:) "Penghibur, yaitu Roh Kudus, yang akan diutus oleh Bapa dalam nama-Ku, Dialah yang akan mengajarkan segala sesuatu kepadamu dan akan mengingatkan kamu akan semua yang telah Kukatakan kepadamu."[3]
    (Yesus berkata:) "Jikalau Penghibur yang akan Kuutus dari Bapa datang, yaitu Roh Kebenaran yang keluar dari Bapa, Ia akan bersaksi tentang Aku."[4]
    (Yesus berkata:) "Namun benar yang Kukatakan ini kepadamu: Adalah lebih berguna bagi kamu, jika Aku pergi. Sebab jikalau Aku tidak pergi, Penghibur itu tidak akan datang kepadamu, tetapi jikalau Aku pergi, Aku akan mengutus Dia kepadamu. Dan kalau Ia datang, Ia akan menginsafkan dunia akan dosa, kebenaran dan penghakiman; akan dosa, karena mereka tetap tidak percaya kepada-Ku; akan kebenaran, karena Aku pergi kepada Bapa dan kamu tidak melihat Aku lagi; akan penghakiman, karena penguasa dunia ini telah dihukum.[5]
    Sesudah Yesus bangkit dari kematian, Ia berkata lagi mengenai hal ini:
    (Yesus berkata:) "Dan Aku akan mengirim kepadamu apa yang dijanjikan Bapa-Ku. Tetapi kamu harus tinggal di dalam kota ini sampai kamu diperlengkapi dengan kekuasaan dari tempat tinggi."[6]
    Sesaat sebelum Yesus naik ke surga, Ia mengatakan sekali lagi:
    (Yesus berkata:) "Tetapi kamu akan menerima kuasa, kalau Roh Kudus turun ke atas kamu, dan kamu akan menjadi saksi-Ku di Yerusalem dan di seluruh Yudea dan Samaria dan sampai ke ujung bumi."[7]

    Hari Pentakosta (Kristen) Pertama[sunting | sunting sumber]

    Peristiwa atas murid-murid[sunting | sunting sumber]

    Ketika tiba hari Pentakosta (Yahudi), semua orang percaya berkumpul di satu tempat. Tiba-tiba turunlah dari langit suatu bunyi seperti tiupan angin keras yang memenuhi seluruh rumah, di mana mereka duduk; dan tampaklah kepada mereka lidah-lidah seperti nyala api yang bertebaran dan hinggap pada mereka masing-masing. Maka penuhlah mereka dengan Roh Kudus, lalu mereka mulai berkata-kata dalam bahasa-bahasa lain, seperti yang diberikan oleh Roh itu kepada mereka untuk mengatakannya.[8]

    Pandangan orang Yahudi yang mendengar[sunting | sunting sumber]

    Peta lokasi tempat asal para pendengar khotbah Petrus dan para rasul pada hari Pentakosta.
    Waktu itu di Yerusalem diam orang-orang Yahudi yang saleh dari segala bangsa di bawah kolong langit. Ketika turun bunyi itu, berkerumunlah orang banyak. Mereka bingung karena mereka masing-masing mendengar rasul-rasul itu berkata-kata dalam bahasa mereka sendiri. Mereka semua tercengang-cengang dan heran, lalu berkata: "Bukankah mereka semua yang berkata-kata itu orang Galilea? Bagaimana mungkin kita masing-masing mendengar mereka berkata-kata dalam bahasa kita sendiri, yaitu bahasa yang kita pakai di negeri asal kita: kita orang PartiaMediaElam, penduduk MesopotamiaYudea dan KapadokiaPontus dan AsiaFrigia dan PamfiliaMesir dan daerah-daerah Libia yang berdekatan dengan Kirene, pendatang-pendatang dari Roma, baik orang Yahudi maupun penganut agama Yahudi, orang Kreta dan orang Arab, kita mendengar mereka berkata-kata dalam bahasa kita sendiri tentang perbuatan-perbuatan besar yang dilakukan Allah." Mereka semuanya tercengang-cengang dan sangat termangu-mangu sambil berkata seorang kepada yang lain: "Apakah artinya ini?" Tetapi orang lain menyindir: "Mereka sedang mabuk oleh anggur manis."[9]

    Khotbah Petrus[sunting | sunting sumber]

    Maka bangkitlah Petrus berdiri dengan kesebelas rasul itu, dan dengan suara nyaring ia berkata kepada mereka: "Hai kamu orang Yahudi dan kamu semua yang tinggal di Yerusalem, ketahuilah dan camkanlah perkataanku ini. Orang-orang ini tidak mabuk seperti yang kamu sangka, karena hari baru pukul sembilan pagi, tetapi itulah yang difirmankan Allah dengan perantaraan nabi Yoel:[10]
    "Akan terjadi pada hari-hari terakhir--demikianlah firman Allah--bahwa Aku akan mencurahkan Roh-Ku ke atas semua manusia; maka anak-anakmu laki-laki dan perempuan akan bernubuat, dan teruna-terunamu akan mendapat penglihatan-penglihatan, dan orang-orangmu yang tua akan mendapat mimpi. Juga ke atas hamba-hamba-Ku laki-laki dan perempuan akan Kucurahkan Roh-Ku pada hari-hari itu dan mereka akan bernubuat. Dan Aku akan mengadakan mujizat-mujizat di atas, di langit dan tanda-tanda di bawah, di bumi: darah dan api dan gumpalan-gumpalan asap. Matahari akan berubah menjadi gelap gulita dan bulan menjadi darah sebelum datangnya hari Tuhan, hari yang besar dan mulia itu. Dan barangsiapa yang berseru kepada nama Tuhan akan diselamatkan."[11][12]
    Hai orang-orang Israel, dengarlah perkataan ini: Yang aku maksudkan, ialah Yesus dari Nazaret, seorang yang telah ditentukan Allah dan yang dinyatakan kepadamu dengan kekuatan-kekuatan dan mujizat-mujizat dan tanda-tanda yang dilakukan oleh Allah dengan perantaraan Dia di tengah-tengah kamu, seperti yang kamu tahu. 23 Dia yang diserahkan Allah menurut maksud dan rencana-Nya, telah kamu salibkan dan kamu bunuh oleh tangan bangsa-bangsa durhaka. 24 Tetapi Allah membangkitkan Dia dengan melepaskan Dia dari sengsara maut, karena tidak mungkin Ia tetap berada dalam kuasa maut itu.[13]
    Sebab Daud berkata tentang Dia: Aku senantiasa memandang kepada Tuhan, karena Ia berdiri di sebelah kananku, aku tidak goyah. Sebab itu hatiku bersukacita dan jiwaku bersorak-sorak, bahkan tubuhku akan diam dengan tenteram, sebab Engkau tidak menyerahkan aku kepada dunia orang mati, dan tidak membiarkan Orang Kudus-Mu melihat kebinasaan. Engkau memberitahukan kepadaku jalan kehidupan; Engkau akan melimpahi aku dengan sukacita di hadapan-Mu.[14][15]
    Saudara-saudara, aku boleh berkata-kata dengan terus terang kepadamu tentang Daud, bapa bangsa kita. Ia telah mati dan dikubur, dan kuburannya masih ada pada kita sampai hari ini. Tetapi ia adalah seorang nabi dan ia tahu, bahwa Allah telah berjanji kepadanya dengan mengangkat sumpah, bahwa Ia akan mendudukkan seorang dari keturunan Daud sendiri di atas takhtanya. Karena itu ia telah melihat ke depan dan telah berbicara tentang kebangkitan Mesias, ketika ia mengatakan, bahwa Dia tidak ditinggalkan di dalam dunia orang mati, dan bahwa daging-Nya tidak mengalami kebinasaan. Yesus inilah yang dibangkitkan Allah, dan tentang hal itu kami semua adalah saksi. Dan sesudah Ia ditinggikan oleh tangan kanan Allah dan menerima Roh Kudus yang dijanjikan itu, maka dicurahkan-Nya apa yang kamu lihat dan dengar di sini.[16]
    Sebab bukan Daud yang naik ke sorga, malahan Daud sendiri berkata: "Tuhan telah berfirman kepada Tuanku: Duduklah di sebelah kanan-Ku, sampai Kubuat musuh-musuh-Mu menjadi tumpuan kaki-Mu."[17][18]
    Jadi seluruh kaum Israel harus tahu dengan pasti, bahwa Allah telah membuat Yesus, yang kamu salibkan itu, menjadi Tuhan dan Kristus."[19]

    Tanggapan pendengar[sunting | sunting sumber]

    Ketika mereka mendengar perkataan Simon Petrus itu, hati mereka sangat terharu, lalu mereka bertanya kepada Petrus dan rasul-rasul yang lain: "Apakah yang harus kami perbuat, saudara-saudara?"[20]
    Jawab Petrus kepada mereka: "Bertobatlah dan hendaklah kamu masing-masing memberi dirimu dibaptis dalam nama Yesus Kristus untuk pengampunan dosamu, maka kamu akan menerima karunia Roh Kudus. Sebab bagi kamulah janji itu dan bagi anak-anakmu dan bagi orang yang masih jauh, yaitu sebanyak yang akan dipanggil oleh Tuhan Allah kita."[21]
    Dan dengan banyak perkataan lain lagi ia memberi suatu kesaksian yang sungguh-sungguh dan ia mengecam dan menasihati mereka, katanya: "Berilah dirimu diselamatkan dari angkatan yang jahat ini."[22]

    Gereja mula-mula[sunting | sunting sumber]

    Orang-orang yang menerima perkataannya itu memberi diri dibaptis dan pada hari itu jumlah mereka bertambah kira-kira tiga ribu jiwa. Mereka bertekun dalam pengajaran rasul-rasul dan dalam persekutuan. Mereka selalu berkumpul untuk memecahkan roti dan berdoa, dengan penuh rasa takut akan Tuhan. Rasul-rasul mengadakan banyak mujizat dan tanda. Semua orang yang telah menjadi percaya tetap bersatu, dan segala kepunyaan mereka adalah kepunyaan bersama, dan selalu ada dari mereka yang menjual harta miliknya, lalu membagi-bagikannya kepada semua orang sesuai dengan keperluan masing-masing. Dengan bertekun dan dengan sehati mereka berkumpul tiap-tiap hari dalam Bait Allah. Mereka memecahkan roti di rumah masing-masing secara bergilir dan makan bersama-sama dengan gembira dan dengan tulus hati, sambil memuji Allah. Dan mereka disukai semua orang. Dan tiap-tiap hari Tuhan menambah jumlah mereka dengan orang yang diselamatkan.[23]

    Lihat pula[sunting | sunting sumber]

    Referensi[sunting | sunting sumber]



    semoga dapat membatu dan bermanfaat
    jesus loves all.